Header

Sejarah Basket

SEJARAH "BASKET BAll"
bola basket di ciptakan tahun 1891 oleh dr.james naismith, guru besar pada springfield college dari young men cristion association (Y.M.C.A.) MASSACHUSESTS' amerika serikat. kemuduan berkembang sangat pesat di seluruh dunia. tahun 1904 didemonstrasikan pada olimpiade st.louis amerika serikat. tahun 1936 permainan bola basket ini untuk pertama kalinya masuk sebagai olah raga yang di pertandingkan pada olimpiade di jerman. meskipun baru untuk pertama kalinya termasujk dalam acara pertandingan olimpiade namun telah di ikuti oleh 21 negara.
induk organisasi bola basket ialah federattions internationals de basket ball amatur (F.i.B.A) yang berkedudukan di perancis.
bola basket masuk di dunia setelah perang dunia ke ll, pada pekan olah raga nasional ke l telah masuk dalam acara pertandingan. induk organisasi bola basket di indonesia bernama persatuan basket ball seluruh indonesia dan berdiri sejak tahun 1951 yang kemudian di ubah menjadi persatuan bola basket seluruh indonesia dengan singkatan PERBASI.